Rabu, 10 Juni 2009

P A N C A S I L A

Pancasila, siapa sih yang belum pernah mendengar apalagi belum pernah belajar tentang Pancasila sebagai dasar negara? Seluruh warga negara Indonesia pastinya pernah berlajar tentang ini (jadi merasa Nasionalis banget deh :p)

Tapi saya disini tidak akan membahas tentang pelajaran dasar negara, tapi hanya sedikit sharing tentang cerita seorang teman beberapa waktu lalu (jumat 5 Juni 09). (Nama disamarkan, kalau ada kesamaan nama, maupun kejadian itu hanya kebetulan belaka,hehehe)

Kira-kira begini ceritanya:
Saya: "Apa kabar bos? Udah lama gak denger kabarnya nih! Gimana selama dikarantina?"

Electricman: "Wah parah yut, kena hukum mulu gw. Mana hampir tiap hari dibanguninnya pake bom!"

(saya langsung terbengong-bengong mendengar kisahnya)

Saya: "Oh ya? Ada pengelaman lucu gak?"

Electricman: "Pastinya! Dari hari pertama aja udah lucu.. Jadi gini, hari pertama langsung diambil alih oleh kopasus. Waktu upacara nama gw dipanggil, kebetulan 'electricman' itu ada dua orang. Majulah kami berdua,"

Saya: " lalu? " (menanti penuh harap)

Electricman: "Yak, kamu electricman2(temennya) sebutkan isi dari Pancasila! bla..bla..bla..sampai sila ke3 electricman2 tidak mampu melanjutkan kembali. Wah parah bener tuh orang masa Pancasila ajah gak hapal batin gw yut,"

Saya: "Terus..terus.."

Electriman: "Alhasil gw yang disuruh.. dan eng..ing..eng.. gw pun berhenti sampai sila ketiga.. "

(spontan saja saya langsung tertawa terpingkal-pingkal..)

Sambil tertawa juga si electricman langsung meluncurkan pertanyaan kepada saya, "Nah, sekarang coba lo sebutin isi Pancasila!"

Waduuh.. ngetes nih, pikir saya. Tanpa ragu saya langsung nyerocos menyebutkan isi dari Pancasila.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang ADil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawartan Perwakilan
5. *kembali ke sila ke 2*

Ups.. saya ternyata juga melakukan sebuah kesalahan. Mnyebutkan sila ke5 dengan isi sila ke2. DAMN!!! Sepertinya saya ingin lari dan bersembunyi saja detik itu juga! (tiba2 merasa tidak nasionalis)

Dan teman saya di ujung telepon sana terpingkal-pingkal kali ini. Dan dia pun bilang," Nah, itu dia rasanya di suruh dalam keadaan gak siap. Panik kan lo!"

Ternyata ada hal-hal yang memang sangat mendasar tapi cukup dapat terlupakan. Tapi justru ini yang sangat crucial menurut saya. Nah, apakah kalian pernah mengalaminya?

5 komentar:

  1. P A N C A S I L A =
    1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
    3. Persatuan Indonesia
    4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
    5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

    Nah ini baru bener...

    Tapi setelah gw menanyakan sila ke-4 k temen gw.... hahahahahaha....

    BalasHapus
  2. Huahahahaha.. ternyata gak semua orang hapal isi Pancasila yah, ck..ck..ck..

    Btw, nuhun udah dilengkapin.. (sebenrnya gw udah inget malam itu juga :p)

    BalasHapus
  3. Hahahaha... Klo gue lupa sila ke 4. Hihi padahal dulu pas SD, Pancasila tuh ngelotok bgt di kepala, sampai butir2nya juga gw hapalin. ck ck ck... Skg yg gw inget apaan ya? Diskon di Mall. :)) Cape deh

    BalasHapus
  4. Wah,,jeng les.. kau memang paling upto date deh kalo sama yang namanya DISKONAN! :p hihihihi

    Btw, nuhun yah... untuk kejujurannya ;)

    BalasHapus
  5. @lesti.... hahahaha... DISKON 50% - 70%... hahahaha...
    Tapi, gue dulu hapal banget tuh sama Butir2 Pancasila dan Undang2 Dasar 45 (Secara dari kelas 5 udah jadi semua petugas upacara)... hahaha
    Dan sekarang yang gue inget... Apaan ya..?? ngga tau juga..:P

    BalasHapus